Belajar Keras atau Belajar Cerdas?

Jika ada pertanyaan Belajar keras ataukah belajar cerdas? bagaimana kira-kira jawaban anda? pertanyaan yang se-akan-akan menjebak kita untuk berfikir lebih efektif dan efisien, mengingat kita sebagai generasi Muhammad hanya di beri kisaran umur sebanyak 60an tahun, padahal manusia baru mulai produktif berkisar usia 20an, itu artinya hanya 40 tahun tenggat waktu yang dapat kita gunakan di dunia ini.

Saya rasa pertanyaan di atas sangat relevan, mengingat kita selalu di ingatkan bahwa waktu itu sangat penting waktu itu sangat berharga dan tidak ada yang mampu menyamai dari betapa berharganya waktu. Kata orang barat TIME IS MONEY, waktu adalah uang, begitulah orang barat saking begitu menghargai waktu sampai muncul istilah seperti itu.

Jika di kaitkan dengan belajar, maka bagaimana cara kita belajar seharusnya harus selalu di perhatikan, apakah sudah benar, apakah sudah efektif, apakah sudah mendapatkan target yang di harapkan? tentu kita semua harus bisa menjawabnya, karena jawaban itu akan menunjukkan seberapa beranikah kita menghadapi kenyataan hidup ini.

Mari kita semua berfikir dan merenungkan apakah pertanyaan di atas sudah tersedia jawaban yang tepat. jika sudah maka kita hendaknya bersyukur, namun jika belum maka seharusnya kita EVALUASI jejak yang telah kita lalui selama ini, pakah sudah benar jalan kita, apakah sudah sesuai dengan yang di inginkan Tuhan?
Lebih baru Lebih lama